Wiper Mulai Malas "Turun-Naik", Cek Komponen Ini

May 22, 2019

JAKARTA, News - Berkendara saat hujan, visibilitas dituntut untuk tetap terjaga dan. Tentunya wiper jadi komponen paling vital agar pandangan ke jalan tetap optimal.

Wiper yang rusak bisa sangat berbahaya bagi diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya. Jarak pandang jadi terganggu meski hanya turun gerimis sekalipun.

Penyakit pada wiper pada umumnya adalah sapuannya yang sudah tidak maksimal lagi atau gerakannya yang mulai melambat. Banyak pemilik mobil yang menduga permasalahan utama ada pada karetnya.

"Selain itu, bisa juga karena motor wiper yang rusak atau tombol kelistrikannya yang macet. Tapi, biasanya ini hanya terjadi pada mobil-mobil yang usianya relatif tua saja," kata Bambang.

Jika wiper tidak berfungsi sama sekali atau mati total, kemungkinan besar penyebabnya ada di bagian kelistrikan. Segeralah bawa ke bengkel terdekat untuk pengecekan lebih lanjut.

Pada wiper sebenarnya tidak ada perawatan khusus, karena wiper sudah didesain untuk masa kerja yang cukup panjang. Sebaiknya rawat bagian karet dan kaca dengan baik, karena kedua bagian tersebut yang bisa membebani kerja motor wiper apabila kondisinya tidak baik.


Related Articles