Jumat, Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik 2019

May 28, 2019

PROBOLINGGO, News - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memprediksi puncak arus mudik akan jauth pada Jumat (31/5/2019) mendatang atau H-5. Diprediksikan jumlah kendaraan yang akan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama akan mencapai 77 ribu unit, atau naik 181 persen dibandingkan lalu lintas normal yang hanya 27 ribu kendaraan.

Namun demikian, dengan adanya kebijakan one way yang terjadwal, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, memperkirakan puncak lalu lintas mudik bisa meningkat sampai 90 ribu unit kendaraan. Apalagi melihat tingginya antusias pemudik melalui jalan darat.

General Manager Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R. Lukman, menjelaskan ada dua hal utama yang harus diantisipasi pemudik saat melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama dengan adanya beberapa perubahan transaksi serta skema lalu lintas.

Saat ini proses pembongkaran GT Cikarang Utama masih berlangsung yang terbagi atas dua tahap. Tahap pertama adalah membongkar dua belas gardu di GT Cikarut 1, GT Cikarut 4 dan GT Cikarut 6 dan akan dilewati selama masa pelayanan mudik dan balik Lebaran 2019.

Sedangkan untuk tahap II akan dilaksanakan setelah pelayanan mudik dan balik Lebaran 2019 selesai, yaitu membongkar delapan gardu untuk menjaga konsistensi jumlah lajur dan re-alignment agar menjadi lurus.

Peningkatan pun dilakukan di sisi pelayanan lalu lintas dengan diskresi kepolisian untuk memberlakukan rekayasa contraflow maupun one way yang terjadwal untuk arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Topics:

Related Articles