Modal Rp 5.000 untuk Hadapi Begal Modus Cabut Kunci Kontak

May 16, 2019

JAKARTA, News - Upaya pembegalan sebuah motor berhasil terekam dan viral Rabu (15/5/2019). Penjahat yang mengincar motor tersebut berusaha menarik kunci kontak yang berada di motor incaran namun gagal melaksanakan aksinya.

Menanggapi modus operandi ini, Kasubdit Gakum Ditantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir mengungkapkan ini merupakan salah satu cara komplotan penjahat untuk beraksi. Meski beresiko besar.

“Ada beragam cara untuk melakukan begal. Misal mencabut kunci motor orang yang berjalan itu resikonya bisa terjatuh. Banyak yang mendorong pemotor untuk menghentikan kendaraan,” ucap Nasir saat dihubungi kemarin.

Untuk menanggulangi modus operandi cabut kunci kontak ini sebenarnya ada cara sederhana. Ini cara yang disarankan instruktur keselamatan berkendara Rifat Drive Labs, Andry Berlianto.

“Caranya pakai tali atau landyard yang dikaitkan ke spion motor. Banyak dijual di berbagai tempat, bisa juga dengan pengait seperti karabiner atau gantungan kunci berpengait sehingga menyulitkan komplotan penjahat menarik kunci,” ucap Andry.

Di toko jual beli online, landyar dijual dengan harga termurah Rp 5.000. Berbagai aksesori gantungan kunci dengan pengait dibanderol mulai Rp 7.000.

Andry mengungkapkan jika dapat melawan, baiknya biker melakukan perlawanan. Salah satunya dengan cara menendang motor penjahat.

“Namun lebih baik menghindari tempat rawan dengan memilih rute yang ramai, berjalan bersama pengguna jalan lain, fokus dan perhatikan kondisi sekeliling serta kalau merasa dijadikan incaran penjahat berhenti di tempat aman seperti pos polisi atau gedung dengan petugas keamanan,” ucap Andry.


Related Articles