5 Mitos dan Fakta Seputar Isi BBM pada Mobil

June 13, 2019

JAKARTA, News -Setiap orang punya cara atau kebiasaan yang berbeda-beda ketika mengisi bahan bakar minyak (BBM) pada mobil. Sebagai contoh, mobil digoyang-goyang, hingga diisi bensin sampai luber.

Menurut sebagian orang, langkah tersebut bisa menghemat konsumsi BBM. Padahal, sangat tidak ada hubungannya, karena mobil itu irit atau boros salah satunya dipengaruhi oleh cara atau gaya mengemudi, hingga faktor eksternal lain.

Nah, buat yang belum tahu berikut ini lima cara menghemat BBM yang ternyata salah kaprah atau hanya sekadar mitos ketika mengisi BBM pada mobil, seperti dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia:

1. Mengisi BBM Tak Sampai Penuh

Membiarkan seperempat bagian dari tangki BBM dalam kondisi kosong dipercaya dapat mengurangi penguapan, sehingga dapat menghemat BBM. Selain itu, cara ini pun baik untuk mencegah BBM tumpah karena goncangan saat tangki terisi secara penuh.

Menggoyang-goyangkan mobil diharapkan setiap celah yang kosong dalam tangki akan terisi oleh BBM, sehingga volume udara dari dalam akan ditekan keluar. Kondisi ini akan membuat Anda mendapatkan volume BBM yang lebih padat.

Trik ini sangat keliru karena tidak sesuai dengan hukum fisika. Sebab BBM merupakan benda cair bukan benda padat. Benda cair secara otomatis akan mengisi setiap celah kosong dalam wadahnya, yang dalam hal ini tangki BBM.


Related Articles