Alasan Kenapa Usai Mudik, Mobil Wajib Dicek ke Bengkel

June 13, 2019

JAKARTA, News - Masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung alias mudik menggunakan mobil pribadi, setelah tiba di kota asal disarankan pergi ke bengkel untuk melakukan pengecekan. Sebab, mobil itu sudah menempuh jarak ratusan bahkan ribuan kilometer.

Otomatis, kualitas dari sejumlah komponen seperti oli mesin, kampas rem dan kaki-kaki menjadi berkurang. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya melakukan pengecekan sehingga apabila ditemukan komponen yang bermasalah bisa diganti dan kondisi mobil tetap prima.

Erwin Surianto, Kepala Bengkel Auto2000 Pasar Kemis mengatakan, mobil yang datang ke bengkel akan dilakukan pengecekan, terutama pada komponen penting seperti kadar kekentalan oli mesin, sampai pelumas transmisi.

Selain itu, sistem radiator, pendingin kabin alias air conditioner (AC), pengereman hingga kaki-kaki juga akan dicek, apabila harus waktunya diganti maka disarankan segera karena jika tidak dikhwatirkan mengalami masalah ketika digunakan.

"Jadi akan kami cek semua komponen atau kami menyebutnya general check. Cukup banyak konsumen Toyota yang datang ke Auto2000 untuk melakukan pengecekan saja hingga memperbaiki sejumlah komponen usai melakukan mudik," kata Erwin ketika ditemui News, Rabu (12/6/2019) di kawasan Alam Sutera, Tangerang.

Komponen di atas, kata Erwin yang wajib di cek karena otomatis kerjanya lebih cukup berat selama di perjalanan menuju ke kampung halaman dan balik lagi ke kota asal. Apalagi terjebak macet selama beberapa jam, sudah pasti akan terjadi penurunan atau daya pakai suku cadang menjadi berkurang.

"Maka dari itu kita bantu untuk melakukan pengecekan. Jika di cek komponennya masih layak maka tidak masalah kalau belum diganti. Kita juga punya program pengecekan dengan membayar Rp 200.000 sudah di cek seluruh komponen termasuk spooring dan balancing," ujar Erwin.

Nah, bagi yang sudah selesai mudik Lebaran 2019 tidak ada salahnya untuk kembali melakukan pengecekan pada mobil Anda. Selain bengkel resmi, tentu bisa datang ke bengkel umum atau spesialis sesuai dengan kepercayaan masing-masing, dan pastikan mobil serta seluruh komponen dalam kondisi normal.


Related Articles