Cara Merawat Kunci Kontak Motor Agar Awet

June 13, 2019

JAKARTA, News - Semua bagian dari sepeda motor perlu dirawat, termasuk kunci kontak. Secara fungsi untuk menyalakan dan mematikan motor, mengunci setang, hingga membuka tangki serta jok.

Wendy, mekanik Amie Jaya Motor di kawasan Depok, Jawa Barat, mengatakan fungsi kunci kontak cukup banyak dan penting. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk memperlakukan perangkat itu dengan baik.

Sebagian besar motor zaman sekarang sudah dilengkapi dengan magnet pelindung untuk lubang kunci. Selain bermanfaat untuk menghindari pencurian, penutup ini juga berguna buat menghalau air dan debu agar tidak masuk ke dalam lubang kunci.

"Air yang masuk ke dalam lubang kunci dapat membuat mekanisme di dalamnya tidak lancar, karena membuat pelumas di dalamnya kering. Selain itu, bisa juga membuat komponen di dalamnya menjadi berkarat," kata Wendy.

Terakhir, yang tak kalah penting menurut dia jangan membebani kunci dengan gantungan yang terlalu berat. Pasalnya, hal ini bisa memberikan dampak pada lubang kunci menjadi longgar.


Related Articles