Arti dari Indikator "Engine Check" Mobil Menyala

May 17, 2019

JAKARTA, News - Tahukan Anda jika indikator engine check pada mobil tiba-tiba menyala warna kuning atau merah? Apabila tanda itu aktif, artinya terjadi malfungsi atau terdapat masalah pada mesin mobil.

Jika mengalami hal seperti itu, jangan langsung panik karena pada umumnya mesin tidak akan langsung mati mendadak. Menurut Rusdi Sopandi, Manajer Mekanik Misterbrum.id, kondisi seperti itu dikarenakan ada gangguan atau terdapat sensor yang tidak berfungsi atau error.

"Salah satu sensor pada mobil mengalami gangguan, atau ada masalah lainnya yang menyebabkan indikator tersebut menyala," kata Rusdi kepada News beberapa waktu lalu.

Scanner ulang. Langkah ini dipakai untuk mengetahui secara pasti, sensor apa saja rusak atau mengalami masalah. Jika ditemukan, segera perbaiki atau mengganti sensor yang rusak atau error.

”Kemungkinannya memang banyak. Jika tidak segera dicari penyebabnya, bisa jadi akibatnya mesin jadi boros bahan bakar, berat tarikan, tersendat, keluar asap hitam, susah hidup, atau masalah lain, bergantung kerusakan sensor,” ujar Rusdi.


Related Articles